Kamis, 26 November 2009

Menang 1-0 atas Debrecen, Liverpool Tersingkir dari Liga Champions


BUDAPEST - Berakhir sudah sepak terjang Liverpool di Liga Champions musim ini. Langkah jawara lima kali itu terhenti di fase grup kemarin dini hari WIB (25/11). Kemenangan 1-0 atas Debrecen di Budapest tak menolong Liverpool setelah rivalnya di grup E, Fiorentina, meraih kemenangan dengan skor sama (1-0) atas Olympique Lyon di Florence, Italia.

Dari hasil matchday kelima tersebut, Fiorentina berhak menemani Lyon ke babak 16 besar sebagai wakil grup E. Di klasemen sementara, Fiorentina mengoleksi 12 poin dari lima laga. Lyon menyusul dengan 10 poin, Liverpool (7), dan Debrecen yang belum sekali pun meraih poin.

Meski masih tersisa satu laga, dua posisi terbawah klasemen hampir pasti tidak berubah. Liverpool yang kalah head to head oleh Lyon pasti finis di peringkat ketiga sehingga akan melanjutkan kiprah Eropa di babak 32 besar Europa League.

Praktis, persaingan menarik dalam matchday pemungkas (9/12) hanya perebutan predikat juara grup antara Fiorentina dan Lyon. Kans Lyon lebih baik karena hanya akan menjamu Debrecen. Sedangkan Fiorentina bakal away ke Liverpool.

Bagi The Reds (julukan Liverpool), terhenti di fase grup merupakan aib pertama dalam enam edisi terakhir Liga Champions atau sejak menjadi juara pada musim 2004-2005. Jika lebih diperhatikan, pencapaian Steven Gerrard dkk merosot dalam empat edisi terakhir.

"Ketika Anda selalu lolos dari fase grup di lima edisi sebelumnya dan sekarang gagal, itulah bagian dari sepak bola," kata Rafael Benitez, arsitek Liverpool, sebagaimana dilansir Daily Telegraph. "Yang harus kami lakukan selanjutnya adalah memberikan penampilan terbaik di laga pemungkas melawan Fiorentina," tambah pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut.

Liverpool sudah tampil baik saat melawan Debrecen di Stadion Puskas Ferencs kemarin. The Reds seolah menguasai jalannya permainan dari awal sampai akhir. Apalagi setelah David Ngog, pengganti Fernando Torres yang cedera pangkal paha, mencetak gol cepat saat laga baru memasuki menit keempat.

Gol tunggal Ngog mengakhiri catatan tidak pernah menang The Reds di empat laga sebelumnya di berbagai ajang. Kemenangan atas Debrecen sekaligus mengamankan jabatan Benitez. Sebelumnya, beredar rumor bahwa Benitez bakal didepak apabila Liverpool tersisih dari Liga Champions musim ini.

Tapi, Chief Executive Liverpool Christian Purslow memastikan bahwa posisi Benitez tidak terusik. "Posisi Rafa (sapaan akrab Rafael Benitez, Red) masih aman dan dia sama sekali tidak berada dalam tekanan klub. Dia baru menjalani empat bulan dari kontrak lima tahun yang ditekennya di awal musim ini. Jadi, kami masih akan berbisnis dengannya," tegas Purslow di Sportinglife.

Purslow menambahkan, manajemen Liverpool bisa menerima alasan Benitez seputar kegagalan The Reds di Liga Champions. Alasan apa? "Jika Anda menganalisis dua laga kami sebelumnya melawan Lyon, kami harus kebobolan gol-gol di menit-menit akhir. Kami benar-benar tidak beruntung," papar Benitez sebagaimana dikutip The Daily Post.

Tidak ada komentar:

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service