Sabtu, 21 November 2009

Uji Coba Motor, Tiga pabrikan Turunkan Motor 2010



Jajal Motor Baru, Jajal Calon Rookie di Latihan Valencia

VALENCIA - Musim MotoGP 2009 berakhir Minggu (8/11) di Sirkuit Valencia, Spanyol. Senin keesokan harinya, persiapan menghadapi musim 2010 langsung diselenggarakan di lintasan yang sama.

Semua pabrikan memang langsung meramaikan lintasan mulai Senin sampai Rabu hari ini (9-11 November). Inilah kesempatan emas untuk menjajal sasis, mesin, dan pembalap baru sebelum larangan uji coba sampai pergantian tahun nanti.

Tiga pabrikan utama, Ducati, Yamaha, dan Honda, sama-sama menurunkan motor 2010 pada uji coba tersebut. Dari ketiganya, senyum lebar sudah terlihat dari barisan Ducati dan Yamaha.

Sejak Senin, Casey Stoner sudah turun dengan motor Ducati Desmosedici GP10 yang memakai mesin V4 silinder terbaru. Hasilnya, ketika hari pertama latihan selesai (Selasa dini hari kemarin WIB), Stoner menjadi yang tercepat.

''Mesin baru ini sangat baik. Jauh lebih mulus dan membuat motor jadi jauh lebih mudah ditunggangi,'' ungkap pembalap Australia tersebut.

Pasangan Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, sama-sama mampu menempel Stoner. Keduanya pun mengaku puas dengan motor YZR-M1 versi 2010. Apalagi, mereka sempat membandingkan langsung motor baru itu dengan motor versi 2009.

''Feeling keluar dari tikungan jauh lebih baik. Kami punya lebih banyak grip (kelengketan, Red) di bagian belakang, jadi itu jauh lebih baik untuk saya. Kami masih harus membenahi akselerasi, tapi saya suka dengan apa yang sudah kami miliki sekarang. Saya pikir, (tahun depan) kami akan terus kompetitif seperti tahun ini,'' ujar Lorenzo.

Rossi, sang juara dunia 2009, lebih berhati-hati dalam berkomentar. Dia mengingatkan, dalam uji coba itu Yamaha masih memakai mesin versi 2009. Jadi, spesifikasi penuh 2010 baru akan diturunkan pada uji coba selanjutnya, Februari tahun depan. ''Tapi, motor baru ini langsung terasa lebih stabil, dengan grip bagian belakang lebih baik,'' katanya mengulangi pujian Lorenzo.

Kubu Honda terkesan sangat hati-hati dalam berkomentar. Baik Dani Pedrosa maupun Andrea Dovizioso sama-sama menjajal motor RC212V terbaru, namun komentarnya masih sekadar ''positif''. Belum ada pujian konkret. Perbedaan paling mencolok, keduanya sama-sama ganti merek suspensi, dari Showa ke Ohlins.

''Yang paling penting adalah membiasakan diri dengan suspensi baru, karena feeling-nya cukup beda dan kami butuh waktu untuk menemukan setelan pada sasis baru ini,'' papar Pedrosa. ''Kesan pertama positif. Kami akan terus bekerja keras,'' lanjutnya.

Rookie Kagum

Uji coba Valencia ini juga menandai debut empat bintang kelas 250 cc mengendarai motor MotoGP. Marco Simoncelli dan Hiroshi Aoyama naik Honda, Hector Barbera naik Ducati, dan Alvaro Bautista naik Suzuki.

Simoncelli, yang tergabung di tim satelit kuat Honda Gresini, mengaku takjub dengan power MotoGP. ''Benar-benar beda! Kesan pertama saya, motor-motor ini tidaklah semudah yang dibicarakan orang. Sama seperti hal baru lain, kita harus bekerja keras untuk menyesuaikan diri,'' ungkapnya.

Di Gresini, Simoncelli bakal setim dengan Marco Melandri. Sehari setelah mengakhiri musim 2009 naik Hayate Kawasaki, mulai Senin Melandri juga langsung latihan lagi naik Honda milik Gresini. Bedanya langsung terasa, catatan waktu Melandri langsung jauh lebih baik (sekitar setengah detik per putaran) dari catatannya naik Hayate!

Di antara semua calon rookie, pendekatan unik dilakukan Aoyama, jawara dunia terakhir kelas 250 cc (mulai 2010 ganti jadi Moto2). Untuk mendapatkan kesan pertama, Aoyama mematikan semua perangkat elektronik pada motor Honda-nya!

''Saya mengendarai motor 4-Tak MotoGP untuk kali pertama. Kami tak memakai kontrol traksi maupun sistem elektronik lain untuk membiasakan diri. Saya juga belum terbiasa pakai rem karbon. Jadi, saya berkonsentrasi untuk mempelajariya. Bagi saya, semuanya serbabaru. Motor baru, tim baru. Jadi, yang penting adalah banyak keliling mempelajari motor,'' jelasnya.

Analisis dan perkembangan uji coba Valencia ikuti terus di harian ini.

Tidak ada komentar:

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service