Sabtu, 21 November 2009

Rio Haryanto Raih Gelar Juara Umum


Rio Haryanto merebut gelar juara umum Formula BMW Pacific 2009 . Ia finis kedua pada race kedua di Sirkuit Okayama, Jepang, Minggu (1/11).

Akibat hujan, start race kedua dilakukan dengan dipimpin safety car. Rio start dari posisi kedua, sedangkan musuh utamanya dalam perebutan gelar juara umum, Gary Thompson asal Australia, memulai lomba dari tempat ketiga. Posisi pole dihuni pebalap tamu, Facu Regalia asal Spanyol. Ia selama ini mengikuti Formula BMW di kawasan Eropa.

Sebelum race kedua, Rio mendapat poin maksimal 20 dalam race pertama, Sabtu pekan lalu. Kemenangan diraih Regalia, tetapi karena berstatus pebalap tamu, Regalia tidak berhak atas poin maksimal itu. Thompson finis ketiga dalam race pertama dan mendapat poin 15.

Dengan hasil itu, Rio cukup mendapat dua poin, atau finis kesembilan, dalam race kedua, Minggu, guna menggondol gelar juara umum. Namun, Rio tampak tidak mau menjalani race kedua dengan seadanya. Ia tetap ngotot untuk meraih hasil sebaik mungkin.

Dari 14 balapan yang telah digelar pada 2009, Rio mengantongi nilai maksimal (20 poin) di 10 balapan. Bahkan, sembilan kali perolehan poin maksimal dilakukan Rio secara berturut-turut.

Formula BMW Pacific 2009 menyisakan satu balapan lagi, balapan ke-15. Lomba penutup ini diadakan tiga pekan mendatang di Makau. Balapan ke-15 digelar di sirkuit jalan raya.

Meski sudah menjadi juara umum, Rio menyadari dirinya masih harus menempuh perjalanan jauh guna menjadi pebalap profesional top. Ia menunjuk pada usahanya yang tidak berhasil untuk menyalip Regalia.

Rio mengakui, meski trek dalam kondisi basah, Regalia melaju kencang sekali sehingga dirinya kesulitan mengejarnya. "Ia kencang sekali. Saya tidak bisa mengejarnya," kata Rio yang merencanakan mengikuti balap mobil F3 di Eropa pada tahun depan untuk mengasah kemampuannya.
http://olahraga.kompas.com/read/xml/2009/11/01/16575119/Rio.Haryanto.Raih.Gelar.Juara.Umum..

Tidak ada komentar:

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service
Paid2YouTube.com