Selasa, 08 Desember 2009

Kimi Raikkonen Gabung Red Bull Citroen Junior Arungi WRC Musim 2010



Gabung Citroen, Tampil 12 Seri

PARIS - Kimi Raikkonen sudah memberikan kepastian cuti setahun dari Formula 1 (F1). Pembalap Finlandia tersebut memantapkan itu dengan banting setir ke arena reli. Raikkonen akan memperkuat tim Red Bull Citroen Junior untuk mengarungi WRC (World Rally Championship) pada musim 2010.

Raikkonen akan jadi pendamping bagi juara WRC Junior musim lalu Sebastien Ogier. Ogier tampil memukau pada tahun pertamanya di even tersebut.

Citroen mengonfirmasikan bahwa Raikkonen dan Ogier akan mengikuti 12 di antara 13 seri WRC 2010. Satu-satunya seri yang tak diikuti tim itu adalah Reli Selandia Baru pada Mei 2010.

Beberapa tahun terakhir, juara F1 2007 itu memang menyatakan ingin menjajal reli setelah F1. Pada Juni 2009, Raikkonen sempat berpartisipasi dalam WRC seri Finlandia dengan mengendarai Fiat Grande Punto Abarth S2000. Keputusannya mengikuti WRC semakin nyata setelah Raikkonen mengumumkan bahwa dirinya tidak akan turun dalam balapan F1 2010.

''Saya selalu ingin mengikuti reli, terutama WRC. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengemudikan Citroen C4 yang diberikan Red Bull,'' tutur Raikkonen seperti dikutip Autosport.

Bergabungnya Raikkonen ke tim Citroen menimbulkan spekulasi baru bahwa pembalap Finlandia itu akan kembali ke ajang F1 2011 bersama tim Red Bull. Raikkonen menyatakan bahwa kontrak dirinya dengan Citroen hanya untuk 2010.

''Saat ini kami hanya memiliki kontrak untuk setahun. Ke depan, kami akan melihat seluruh perkembangan,'' ujar Raikkonen.

Fakta bahwa Red Bull menjadi penyokong Raikkonen di reli bisa menjadi batu loncatan. Meskipun, perusahaan minuman berenergi tersebut mengatakan bahwa ikatan yang terjalin di antara mereka tidak ada hubungannya dengan masa depan dan ambisinya di F1.

''Ini tidak ada hubungan sama sekali dengan karier Kimi di F1,'' ungkap seorang sumber dari Red Bull kepada Autosport. ''Ini bukan berarti dia akan menggantikan seorang pembalap Red Bull F1 di tim kami untuk musim 2011,'' imbuhnya.

Bos tim Citroen Olivier Quesnel mengatakan gembira atas komitmen Red Bull. Quesnel juga menyambut baik bergabungnya Raikkonen dan Ogier di bagian junior selain pereli Sebastien Loeb yang baru saja meraih gelar keenam secara beruntun di WRC serta Dani Sordo di tim utama. ''Komitmen Red Bull merupakan sokongan luar biasa bagi perusahaan kami,'' ujar Quesnel.

Dia menegaskan, timnya akan berusaha mempertahankan gelar pada 2010 dengan memacu semangat Loeb dan Sordo. Dia juga merasa bangga bahwa Raikkonen memilih Citroen.

1 komentar:

macan putih mungil mengatakan...

dulu saya pernah suksa sama kimi raikkonen, padahal dulu gak ngikutin F1. hehehe,,,

thanks for share...

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service